Semakin menyebarnya Pandemi Covid-19 dan belum menunjakkan trend penurunan mengharuskan pemerintah memberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar di beberapa wilayah Indonesia. Adanya kebijakan PSBB tersebut memuat salah satu ketentuan agar kegiatan pekerjaan dari sebelumnya dikantor dipindahkan ke rumah. Sehingga membuat karyawan harus bekerja dari rumah, tentunya bagi pekerjaan yang memungkinkan.

Bekerja dari rumah tentunya diperlukan adaptasi lagi bagi mereka yang belum biasa. Apalagi pasti terdapat perbedaan antara suasana rumah dengan suasana kantor tentunya. Hal tersebut bisa saja mempengaruhi produktivitas dalam melakukan pekerjaan. Maka dari itu, berikut adalah saran dari kami agar tetap produktif meskipun kerja dari rumah.

1. Siapkan Area Kerja

Tentukan dan siapkan area kerja anda sendiri. Aturlah area kerja di rumah senyaman dan semirip mungkin seperti area kerja yang berada di kantor. Pastikan untuk menghindari kasur atau sofa yang terlalu nyaman, yang ada karena terlalu nyaman jadi terlelap.

2. Tentukan Jam Kerja

Akan lebih baik jika jam kerja di rumah sama dengan  jam kerja saat masuk di kantor. Dengan jam mulai dan jam pulang yang sama seperti di kantor, maka kamu dapat menyusun pekerjaan jadi lebih teroganisir. Ada baiknya membuat kesepakatan dengan tim atau departemen untuk menyamakan jam kerja dan mengikuti jadwal tersebut. Sehingga koordinasi antar anggota tim dapat sesuai dan tidak melebihi jadwal jam kerja yang sudah ditentukan.

3. Dress Up !!!

Pakailah baju yang biasa dipakai saat bekerja. Jika di kantor memakai seragam, ada baiknya seragam tersebut dipakai juga saat kerja di rumah. Hal ini dapat membantu anda menjadi lebih produktif dalam melakukan pekerjaan.

4. Lights On

Pastikan area kerja memperoleh penerangan lampu yang baik dan cukup. Usahakan untuk tidak terlalu terang dan juga jangan terlalu redup. Area kerja dengan penerangan yang tepat dan optimal dapat menjaga kenyamanan dan kesehatan mata saat bekerja. Sehingga mata tidak cepat lelah dan dapat membantu agar kerja lebih produktif. Lampu dari PT. Panca Aditya Sejahtera tersedia dalam berbagai varian yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan area kerja anda.

5. Silent HP

Godaan terbesar kerja di rumah adalah rasa bosan dan akan lebih sering mengecek HP untuk mencari hiburan. Lebih baik hindari terlalu sering mengecek aplikasi sosial media atau aplikasi hiburan lainnya pada saat jam kerja. Akan lebih baik jika HP di silent saja sehingga tidak terlalu terganggu dengan notifikasi yang masuk pada HP.