Putih atau Kuning ?

Jika dihadapkan dalam 2 pilihan, antara lampu dengan warna cahaya kuning dan warna cahaya putih, manakah yang akan anda pilih?

Pada dasarnya, penggunaan lampu pada sebuah ruangan memiliki tujuan yang sama yaitu sebagai sumber cahaya ketika malam hari untuk menggantikan cahaya matahari. Lampu memiliki beberapa pilihan warna cahaya, akan tetapi secara garis besar, cahaya lampu di bedakan dalam 2 kelompok yaitu kelompok warna hangat dan kelompok warna dingin. Kelompok warna hangat memiliki cahaya lampu kuning dan kelompok warna dingin memiliki cahaya lampu putih. Lalu, bagaimanakah cara memilih warna lampu yang tepat?

Dalam memilih warna cahaya lampu, hal yang perlu dipertimbangkan adalah fungsi ruangan. Dalam ilmu psikologi, warna adalah salah satu aspek yang dapat memberikan rangsangan tersendiri pada manusia. Dalam suatu penelitian, lampu dengan cahaya warna kuning dapat memberikan kesan tenang dan hangat. Lampu warna kuning baik digunakan pada ruangan yang difungsikan sebagai ruang istirahat contohnya adalah kamar tidur. Penggunaan lampu warna kuning pada kamar tidur dapat membantu seseorang tidur lebih cepat. Lampu warna kuning juga tidak lebih nyaman untuk orang yang tiba-tiba terbangun ketika tidur karena cahayanya yang lebih lembut dibandingkan dengan lampu putih.

Lampu dengan cahaya warna putih memberikan kesan ceria, bersih, dan kesan ruangan yang luas. Oleh karena itu, menggunakan lampu warna putih pada ruangan yang sering digunakan oleh banyak orang contohnya adalah ruang tamu dan ruang keluarga.

Hadirnya pilihan warna cahaya pada lampu bukan dibuat tanpa tujuan. Berbagai warna cahaya tersebut juga berfungsi untuk mendukung interior ruangan sehingga ruangan terlihat lebih indah.

 

Salam,

PT. Panca Aditya Sejahtera

 

Sumber :

https://www.rumah.com/berita-properti/2016/12/142816/hasil-riset-bohlam-kuning-baik-untuk-kamar-tidur