Pada saat membeli lampu, jika diperhatikan, dalam kemasan lampu yang kita beli terdapat keterangan lumens. Biasanya lumens disertai dengan angka. Seperti contohnya 1350 lumens, 920 lumens, 750 lumens, dsb. Apa sih lumen itu?


Lumen adalah besaran jumlah cahaya yang dipancarkan oleh sebuah sumber cahaya. Baik itu dari lampu, lilin, proyektor, dsb. Dalam arti lain, lumens juga sebagai satuan pengukuran standar untuk menunjukkan tingkat kecerahan pada sebuah sumber cahaya. Semakin tinggi nilai lumen pada sebuah sumber cahaya, maka cahaya yang dihasilkan juga akan semakin terang.

Lumen berkaitan erat dengan daya (watt) yang dikeluarkan untuk menyalakan lampu. Semakin besar lumen yang dipancarkan maka semakin besar pula daya yang dibutuhkan. Namun saat ini, di era lampu LED, untuk menghasilkan lumen yang besar tidak memerlukan daya yang besar juga. Hal ini tentu berbeda saat lampu masih ada di era CFL dan lampu pijar.

Dengan mengetahui lumen dan daya yang dibutuhkan, maka akan semakin mudah untuk menentukan jenis lampu yang akan digunakan. Jika masih ragu untuk menentukan lumen, jangan ragu untuk tanya kepada penjual. Penggunaan lampu dengan cahaya yang memadai tentu akan membuat mata menjadi nyaman.