Seperti yang kita ketahui, listrik sering diasumsikan dengan keberadaan lampu. Asumsi tersebut memang benar, tapi di era modern seperti sekarang, listrik tak hanya digunakan untuk menyalakan lampu. Keberadaan barang elektronik yang semakin berkembang, membuat listrik juga semakin eksis.

Energi listrik digadang-gadang sebagai bahan bakar yang lebih bersih untuk masa depan. Nah, dengan efisiensi tinggi dan tingkat polusi yang rendah, maka tak heran, listrik menjadi primadona bagi semua kalangan. Di sebagian besar negara maju, grafik penggunaan listrik semakin meningkat, sedangkan grafik penggunaan energi secara keseluruhan relatif menurun. Hal ini membuktikan bahwa pemakaian listrik jauh lebih efisien dari pada menggunakan bentuk energi lain.

Peran listrik di masa depan memang sejalan dengan perkembangan teknologi yang kian melaju pesat. Salah satunya perkembangan teknologi baterai, yang bisa memperbanyak alat-alat canggih bertenaga listrik, seperti mobil listrik. Semakin terjangkaunya panel surya, tak heran membuat listrik semakin eksis karena kita lebih mudah dalam mendapatkan listrik.

Tak sampai disitu, pergeseran bahan bakar fosil ke listrik juga menjadi langkah yang menjanjikan untuk menurunkan polusi udara global dan emisi gas rumah kaca. Penggunaan sumber daya alam yang terbarukan dalam pembangkitan listrik bisa mempercepat langkah itu. Memperbanyak pembangkit listrik dari energi terbarukan seperti sinar matahari, panas bumi, air, dan bio massa, direncanakan untuk memenuhi dan menjamin kebutuhan listrik di masa depan.

Hal menarik selanjutnya, listrik juga memiliki peran strategis dalam menambah efisiensi kerja. Penggunaan perangkat elektronik dikombinasikan teknologi saat ini, menciptakan ekosistem yang lebih produktif. Nah, dalam menjaga peran listrik di masa depan, kita juga punya andil besar. Kita bisa memulainya dengan menggunakan lampu hemat energi, seperti CFL, dan LED. Untuk penggantian lampu konvensional ke lampu hemat energi dengan nilai lumens yang sama akan menghemat 80% listrik.

Cerdas dan bijak ketika menggunakan listrik, menjadi langkah kecil yang bisa mempengaruhi peran listrik di masa depan. Yuk bijak menggunakan listrik, untuk masa depan yang lebih baik. Selamat Hari Listrik Nasional.

Salam,

Sumber: 

Jr, Julian dan Fang, William. 2009. The role of electricity in sustainable Development. Natural Resources Forum: Vol. 21.

Avella Ruiz, Jorge Mario. Teófilo Souza., dan José Silveira. 2015. A comparative analysis between fluorescent and LED ilumination for improve energy efficiency at IPBEN building. Latin-American Congress on Electricity Generation and Transmission