Pada era digital seperti sekarang ini, membeli berbagai macam kebutuhan dapat dilakukan melalui marketplace atau toko online. Hanya dengan menggunakan smartphone atau laptop kita bisa mencari dan memilih barang-barang apa saja yang terdapat dalam marketplace, termasuk lampu atau peralatan elektronik lainnya. Prosesnya pun mudah, tinggal pesan dan barang bisa sampai tanpa perlu keluar rumah. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli lampu secara online. Berikut tips dari ATAMA / PT. Panca Aditya Sejahtera:

1. Tentukan Daftar Barang yang Dibeli

Sebelum berbelanja, tentukan barang-barang apa saja yang ingin dibeli. Usahakan untuk tidak membeli barang diluar daftar tersebut. Tentunya agar apa yang dibeli sesuai dengan kebutuhan dan tidak menambah pengeluaran.

2. Pilih Produk yang Original

Marketplace berisi berbagai macam produk. Ada yang original dan juga ada yang imitasi. Sebagai pembeli tentunya kita ingin mendapatkan barang yang original. Maka dari itu, sebelum membeli cermatlah membaca deskripsi untuk mendapatkan barang yang original.

3. Bandingkan Harga

Marketplace juga berisi berbagai macam seller. Barang yang sama bisa memiliki harga yang berbeda, tergantung dari seller yang menjual. Maka dari itu, jika ingin membeli dengan harga murah, perlu untuk membandingkan harga dari satu seller ke seller yang lain.

4. Perhatikan Reputasi Seller dan Ulasan

Selain harga yang murah, reputasi seller juga perlu diperhatikan. Seller yang memiliki reputasi yang baik biasanya akan memberikan pelayanan yang baik juga. Sebagai pembeli, selain harga, tentunya kita juga pasti ingin dilayani dengan baik ketika hendak membeli suatu barang.

5. Tanya ke Seller

Sebelum membeli ada baiknya bertanya ke seller jika ada penjelasan atau cara penggunaan produk yang kurang begitu dipahami. Lebih baik bertanya sampai jelas. Agar ketika membeli barang, cara penggunaan dari barang yang dibeli sudah dipahami.

6. Gunakan Promo

Tak jarang di marketplace sering terdapat promo. Baik promo dari market atau dari seller. Gunakan promo-promo yang tersedia. Agar harga yang dibayarkan bisa lebih murah dan menguntungkan.