Nyamuk merupakan salah satu serangga yang seringkali mengganggu manusia. Kalau sudah tergigit nyamuk bisa membuat kulit menjadi bentol dan gatal. Apalagi beberapa nyamuk juga bisa menyebarkan virus yang menjadi penyebab orang jatuh sakit. Banyak cara dapat dicoba untuk mengusir atau membunuh nyamuk. Beberapa orang juga menggunakan alat-alat untuk membantu dalam mengusir nyamuk. Berikut adalah alat-alat yang dapat digunakan untuk mengusir bahkan bisa membunuh nyamuk versi Lampu ATAMA:

1. Pemukul Nyamuk Manual

Secara penggunaan, raket nyamuk ini hampir sama dengan pemukul nyamuk manual. Yaitu diayunkan hingga mengenai nyamuk atau mengibas-ibasnya agar nyamuk pergi menjauh. Perbedaannya adalah, sesuai namanya, alat ini berbentuk raket dan dilengkapi dengan material kawat yang dialiri oleh listrik. Kalau kawat raket mengenai nyamuk, maka akan terjadi ledakan “ctar-tar-tar” diringi dengan bau hangus menandakan bahwa nyamuk sudah berhasil dibunuh. Kadangkala sensasi ledakan dan bau hangus dari nyamuk yang terbakar menjadi kepuasan sendiri bagi beberapa pengguna karena berhasil membunuh nyamuk.

Hanya saja memang menggunakan raket nyamuk juga bisa membuat capek dikarenakan masih membutuhkan tenanga manusia untuk mengoperasikannya. Untuk harga, raket nyamuk sedikit lebih tinggi dibandingkan pemukul nyamuk manual. Raket nyamuk bisa didapatkan rata-rata dikisaran harga Rp 25.000 – Rp 75.000.

Raket nyamuk dilengkapi dengan baterai, karena fungsinya untuk menghantarkan listrik ke kawat. Ketika baterai habis, maka baterai perlu diisi ulang atau diganti. Untuk raket nyamuk ATAMA kedua pilihan tersebut dapat dilakukan. Jika pengguna ingin mengganti baterai, maka baterai bisa dilepas dan diganti dengan yang baru. Jika ingin diisi ulang, maka baterai dapat diisi ulang dengan menggunakan kabel USB type B yang sepaket pada waktu pembelian. Tak hanya untuk mengusir nyamuk, raket nyamuk ATAMA juga dilengkapi dengan lampu kecil yang dapat digunakan untuk membantu menerangi ketika dalam suasana yang remang atau gelap.

3. Obat Nyamuk

       Secara umum obat nyamuk terdiri dari tiga tipe, yaitu semprot, bakar, dan elektrik. Obat nyamuk banyak dipakai karena dinilai praktis dan efektif dalam mengusir dan membunuh nyamuk. Ketika obat nyamuk digunakan dalam suatu ruangan, dan ruangan ditinggal selama beberapa menit nyamuk-nyamuk bisa langsung mati atau pergi dari ruangan tersebut. Hanya saja penggunaan obat nyamuk tidak cocok bagi sebagian orang. Beberapa pengguna kadangkala merasakan efek samping dari penggunaan obat nyamuk. Untuk harga obat nyamuk tergolong beragam, rata-rata dikisaran Rp 5.000 – Rp 40.000 tergantung dari tipe obat nyamuknya.

4. Perangkap Nyamuk Elektrik

Salah satu alat yang bisa digunakan untuk mengusir nyamuk adalah perangkap nyamuk elektrik. Perangkap nyamuk elektrik bekerja dengan cara mengeluarkan panas, Co2, dan sinar UV yang disukai oleh nyamuk. Nyamuk yang tertarik masuk ke dalam perangkap nyamuk elektrik akan terjebak dan tidak bisa keluar lagi. Alat ini termasuk efektik karena hanya tinggal diaktifkan dan nyamuk akan datang sendiri. Perangkap nyamuk elektrik juga tidak mengeluarkan bau.

Namun daya jangkau perangkap nyamuk elektrik hanya sebatas pada dimana alat tersebut diletakkan. Jika diletakkan pada ruangan yang tidak begitu besar dan tertutup maka perangkap nyamuk dapat bekerja secara efektif. Selain itu, perangkap nyamuk juga membutuhkan daya yang cukup besar ketika diaktifkan. Untuk harga perangkap nyamuk elektrik terbilang lumayan tinggi, yaitu diatas harga Rp 100.000.