Mati lampu atau mati listrik seringkali datang tiba-tiba dan tidak dapat diprediksi. Apalagi saat malam hari, kondisi rumah menjadi gelap dan tidakada listrik,membuat aktivitas di dalam ruanganterhenti. Bahkan beberapa orang pun merasa tidak nyaman karena memiliki ketakutan akan kegelapan. Maka dari itu, sebelum mati lampu terjadi ada baiknya mempersiapkan alat-alat untuk menerangi kondisi rumah. Meskipun tidak ada listrik, tapi lebih baik terang daripada harus gelap-gelapan bukan.

Berikut adalah 5alat yang bisa digunakan untuk penerangan saat mati lampu di malam hari:

1. Lampu Petromak

Bagi yang suka barang antik, lampu petromak bisa menjadi pilihan. Lampu petromak adalah sejenis alat penerangan yang menggunakan bahan bakar minyak tanah, dan dalam menyalakannya dibantu dengan spiritus. Jika sudah menyala, lampu petromak digantungkan pada tempat yang pas untuk menerangi ruangan. Saat ini lampu petromak terbilang sudah jadul dan sudah jarang digunakan.

 

2. Lilin

Lilin banyak digunakan sebagai penerangan darurat saat mati lampu di malam hari. Alasannya karena harganya yang murah dan bisa didapatkan dengan mudah, baik di toko kelontong sampai supermarket. Hanya saja, saat pemakaiannya jika ruangannya tergolong besar maka lilin yang dinyalakan juga harus banyak.

 

3. Senter

Senter menjadi barang yang wajib dimiliki oleh semua rumah. Senter merupakan barang yang praktis dan bisa dibawa-bawa sesuai dengan kebutuhan untuk menerangi dalam kegelapan.

 

4. Lampu LED Emergency Bulb

Secara bentuk, Lampu LED Emergency Bulb sama seperti lampu LED Bulb pada umumnya. Pembedanya adalah lampu ini memiliki baterai. Baterai tersebut berfungsi untuk menyimpan daya sebagai sumber daya cadangan dan akan membuat lampu menyala otomatis saat mati lampu. Sehingga ketika mati lampu datang di malam hari, kondisi ruangan yang dipasang lampu LED Emergency Bulb dapat tetap terang.

Lampu LED Emergency Bulb dari PT. Panca Aditya Sejahtera daya tahan baterai yang membuat lampu tetap menyala sampai 3 jam. Selain itu, lampu ini juga dilengkapi dengan switch on/off. Sehingga bisa digunakan sebagai senter dan dibawa sesuai dengan kebutuhan.

 

5. Lampu Emergency

Lampu Emergency yang ini memiliki berbagai macam bentuk. Namun fungsinya sama, yaitu sebagai penerangan darurat dikala mati lampu di malam hari. Lampu Emergency dilengkapi dengan baterai, baik baterai tanam ataupun baterai yang bisa diganti.