LED Lebih Hemat ???

Berbicara berhemat dalam hal konsumsi daya listrik, maka beralih menggunakan lampu LED atau mengganti lampu rumah dengan LED dapat menjadi langkah awal yang bisa dilakukan. LED saat ini memang dinilai menjadi salah satu lampu yang dapat menghemat konsumsi listrik. Pertanyaannya, hal apakah yang membuat LED dianggap lebih hemat?

Dilihat dari segi harga, LED memang lebih mahal dibandingkan dengan CFL. Akan tetapi, penilaian terhadap LED yang dikatakan lebih hemat bukan dilihat dari sisi harga akan tetapi dilihat dari sisi daya listrik yang dikonsumsi dan dari sisi usia lampu yang mempengaruhi lama bertahannya lampu.

Berikut adalah gambaran perbandingan konsumsi daya listrik antara LED dan CFL. Dengan nilai lumens yang sama, lampu CFL 2U membutuhkan daya sebesar 5,2 Watt untuk memancarkan cahaya, lampu CFL Spiral bahkan membutuhkan daya yang lebih besar yaitu senilai 12 Watt. Lalu bagaimana dengan LED? LED hanya membutuhkan daya sebesar 3 Watt. Dengan demikian, dengan nilai terang yang sama, pancaran cahaya yang sama, menggunakan LED bisa menghemat konsumsi listrik bahkan hingga 4 kali lipat.

Selain dari segi konsumsi daya, terdapat 1 hal lain yang membuat LED dinilai lebih hemat yaitu jika dilihat dari sisi usia lampu. Usia lampu ini berpengaruh dalam menentukan lama bertahan lampu. Dengan nilai lumens yang sama, lampu LED mampu bertahan selama 10000 jam sedangkan lampu CFL baik 2U maupun Spiral hanya bertahan selama 2000 jam. Dengan data tersebut, jika dilakukan perhitungan, untuk membandingi lama bertahan lampu LED, maka dibutuhkan sejumlah 5 lampu CFL.

Dari pemaparan data di atas, maka sudah dapat dipastikan LED memang lebih hemat dibandingkan dengan CFL. Ingin memulai hidup hemat? Maka beralihlah menggunakan LED untuk lampu rumah.

*data pada artikel ini mengacu pada spesfikasi lampu yang diproduksi oleh PT. Panca Aditya Sejahtera

 

Salam,

PT. Panca Aditya Sejahtera

 

Referensi data :

Spesifikasi lampu PT. Panca Aditya Sejahtera