Teknologi Driver on Board

Kebutuhan lampu LED semakin hari semakin meningkat. Lampu LED dikenal memiliki efisiensi tinggi yang banyak digunakan sebagai penerangan utama baik di rumah maupun perkantoran. Nah, tingkat konsumsi energi listrik yang lebih kecil, pastinya menyebabkan biaya listrik juga berkurang. Alhasil banyak yang beralih ke lampu LED untuk memangkas biaya bulanan.

Peralihan dari bohlam ke LED, juga turut disertai dengan pengembangan teknologi lampu LED. Inovasi tersebut salah satunya pada bagian driver LED. Nah hal tersebut dilakukan guna meningkatkan kualitas lampu LED. Driver sendiri adalah rangkaian elektronik yang berfungsi sebagai power supply/catu daya rangkaian lampu LED serta sebagai supply arus dan tegangan.

Selama ini, mungkin yang kita tahu masalah lampu LED hanya masalah redup atau terangnya cahaya, tidak sampai pada komponen pendukungnya. Padahal, sebenarnya jika lampu LED dibuka, ada perbedaan mendasar pada masing-masing lampu, salah satunya bagian driver. Driver yang umum digunakan adalah PCB Driver, yang dipasang secara terpisah dengan module LED dan menggunakan campuran komponen Surface Mount Device (SMD) dan Plate Through Hole (PTH) pada PCB tersendiri. Nah teknologi tersebut dikembangkan lagi hingga tercipta teknologi baru yaitu Driver on Board (DOB) dengan pemasangan driver menjadi satu kesatuan dalam module LED dan menggunakan komponen SMD agar lebih efisien.

DOB adalah teknologi yang mengintegrasikan antara driver dan chips LED ke papan yang juga digunakan untuk menempatkan LED. Dengan inovasi tersebut, lampu LED tidak membutuhkan PCB tambahan untuk menempatkan driver, sehingga lampu LED pun akan lebih ringan dan lebih efisien.

Tidak seperti lampu lainnya, teknologi DOB ini membuat driver memiliki suhu yang lebih rendah hingga 30o C. Hal tersebut dikarenakan posisi komponen driver terletak pada sisi bawah LED. Selain itu, performa lampu ini lebih stabil dibandingkan lampu LED yang menggunakan teknologi-teknologi sebelumnya. Sampai saat ini, penerapan teknologi DOB lampu LED masih belum banyak. PT Panca Aditya Sejahtera telah menerapkan inovasi DOB produk barunya yaitu LED Prestige GEN 2.

Salam,

Sumber:

Kwon, Sun-Pil, dkk. 2016. Light Efficiency of LED Street Light Using AC DOB Technology. DOI: 10.7735/ksmte.2016.25.3.230

Eco-Lights. 2019. LED Lights: A Guide To Different LED Bulb Types, Fittings, Caps and Bases. https://www.eco-lights.com/guide-to-different-led-bulb-types/