Secara fungsi, lampu digunakan untuk menerangi suatu tempat atau ruangan. Cahaya yang dipancarkan dari lampu mempunyai warna yang mampu menciptakan kesan dan nuansanya tersendiri. Pemilihan warna lampu bisa mempengaruhi suasana dan memberikan efek langsung pada ruangan tempat lampu tersebut dipasang. Berikut adalah 3 warna lampu yang umumnya digunakan di dalam rumah.

1. Kuning

Dikenal juga dengan sebutan warm white, warna kuning memberikan efek hangat, lembut, dan nyaman. Biasanya lampu warna kuning dipasang di kamar tidur dan ruang keluarga, karena dapat membawa kesan nyaman bagi orang yang ada dalam ruangan tersebut. Warna kuning juga cocok digunakan untuk mendukung interior dalam rumah. Cahaya kuning yang disorot pada interior dapat membawa kesan lebih hidup, lebih fokus, dan lebih bisa menarik perhatian.

2. Putih

Warna putih pada lampu adalah warna yang banyak digunakan untuk menerangi ruangan dalam rumah. Warna putih membawa kesan netral dan bersih. Biasanya warna putih digunakan ditempat yang mempunyai aktifitas di dalamnya atau ruangan yang membutuhkan intensitas cahaya yang tinggi agar setiap sudut ruangan tampak jelas. Seperti halnya di ruang baca, dapur, gudang, dsb.

3. Putih Kebiruan

Warna putih kebiruan cenderung memberikan kesan yang sejuk, memberikan rasa tenang, dan bisa membuat mengantuk. Tak jarang lampu dengan warna putih kebiruan juga digunakan untuk ruang tidur.