Color Rendering Index

Ketika menggunakan lampu sebagai sumber cahaya pada saat cahaya matahari sudah terbenam, adakalanya warna dari benda yang diterangi oleh cahaya lampu tersebut tidak seperti warna aslinya ketika benda tersebut diterangi oleh cahaya matahari.

Refleksi warna tersebut dipengaruhi oleh nilai atau kalkulasi dari CRI sumber cahaya. Perbedaan mengenai CCT dan CRI, CCT mengidentifikasikan suatu warna cahaya yang dipancarkan oleh lampu. Sedangkan CRI adalah suatu perhitungan sebaik mana cahaya dari lampu dapat merefleksikan warna dari suatu objek.

CRI (Color Rendering Index) adalah pengukuran seberapa jauh cahaya dapat merefelksikan warna asli suatu objek atau benda dibandingkan dengan cahaya matahari. CRI dikalkulasi menggunakan 8 standart sample warna CRI yang berbeda yang diterangi oleh sebuah sumber cahaya dengan nilai CCT yang sama. Dari hasil kalkulasi tersebut, ketika warna yang terlihat semakin mendekati sama dengan warna aslinya, menandakan nilai CRI dari cahaya tersebut bernilai tinggi.

Nilai dari CRI diukur mulai dari angka 0 sampai dengan 100, dimana semakin tinggi nilai dari CRI, semakin baik kemampuan cahaya dapat merefleksikan warna dari objek. Ketika nilai CRI dari suatu cahaya menyebabkan warna yang refleksikan tidak natural. CRI di atas 80 sudah dapat dikategorikan kedalam CRI dengan nilai yang tinggi.

 

Salam,

PT. Panca Aditya Sejahtera

 

Sumber :

https://www.flexfireleds.com/color-rendering-index-cri-and-led-lighting-what-is-cri/

https://en.wikipedia.org/wiki/High-CRI_LED_lighting