Belum lama ini rencana belajar tatap muka di sekolah sempat akan dilakukan. Namun hal tersebut harus ditunda lagi dikarenakan belakangan ini, kasus Covid-19 di beberapa wilayah Indonesia kian meningkat. Padahal dari sisi siswa, terkadang muncul rasa bosan dikarenakan sudah lama tidak melakukan pembelajaran di sekolah dan merasa bahwa belajar dari rumah tidak maksimal. Berikut 5 tips agar belajar dari rumah tetap bisa efektif dan tidak terasa membosankan:

1. Siapkan Area Belajar yang Nyaman

Tentukan dan siapkan area belajar anda sendiri. Pastikan juga agar memisahkan area khusus untuk belajar dengan area untuk bermain. Aturlah area belajar di rumah senyaman mungkin. Pastikan untuk menghindari tempat tidur atau sofa yang terlalu nyaman, agar dapat menghindari anda terlelap saat belajar.

2. Buat Jadwal Belajar Harian

Di luar sesi belajar dengan guru, sebagai siswa juga harus belajar sendiri untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan. Biasakan untuk rutin membuat jadwal dalam mengerjakan tugas agar manajemen waktu dapat terjaga. Sehingga tugas dapat diselesaikan dengan baik dan tidak mengganggu kegiatan lainnya.

3. Pastikan Internet Rumah Berjalan Dengan Lancar

Belajar dari rumah tentunya membutuhkan jaringan internet yang lancar. Pilih dan gunakan provider yang dapat berjalan dengan lancar di rumah agar proses belajar tidak terganggu.

4. Pastikan Area Belajar Mendapat Pencahayaan yang Baik

Area belajar dengan penerangan yang tepat dan optimal dapat menjaga kenyamanan dan kesehatan mata saat belajar. Pastikan area belajar anda mendapatkan cahaya matahari yang cukup terang. Atau jika ruangan belajar tidak mendapatkan cahaya matahari, dapat digunakan lampu sebagai opsi pencahayaan. Lampu dari PT. Panca Aditya Sejahtera tersedia dalam berbagai varian yang bisa digunakan sesuai kebutuhan area belajar.

5. Lakukan Hobi dan Bersosialisasi

Setelah belajar selesai atau saat istirahat, ada baiknya melakukan hobi. Seperti contohnya bermain gim, membaca komik atau novel, membuat kue, dan lain sebagainya. Selain itu bisa juga bersosialisasi dengan teman menggunakan aplikasi chatting atau video call. Hal tersebut dilakukan agar pikiran dapat jernih kembali dan tidak stress karena terlalu banyak belajar.