Fitting Lampu

Fitting Lampu adalah bagian dari lampu yang berfungsi sebagai konektor (penghantar) listrik. Fitting lampu berada pada bagian bawah lampu. Sebagai penghantar listrik, Fitting Lampu terbuat dari bahan konduktor salah satunya adalah aluminium. Fitting lampu  berfungsi untuk memastikan bahwa lampu terpasang secara benar pada rumah lampu sehingga dapat mengurangi adanya kemungkinan short pada aliran listrik. Pada prinsipnya, semakin besar ukuran fitting lampu maka lebih besar kemampuan fitting lampu tersebut untuk menahan panas dari aliran listrik.

Kemampuan dan kualitas fitting lampu bergantung pada kualitas bahan yang digunakan. Apabila bahan yang digunakan adalah bahan yang mudah berkarat, maka hal tersebut dapat menurukan kualitas.

Fitting Lampu memiliki beberapa jenis mulai dari B22d, E27, G13, S12, dan masih banyak lagi. Selain terdiri dari beberapa jenis, fitting Lampu juga terbagi dalam beberapa kelompok yang mana setiap kelompok tersebut difungsikan untuk penerapan pemsangan lampu pada tempat yang berbeda. Dibawah ini adalah kelompok dari fitting Lampu beserta daftar jenis fitting Lampu di dalamnya :

Kelompok Fitting LampuJenis Fitting Lampu

Bayonet CapsB22d, Ba15d, Ba15s, Ba9s

Edison Screw CapE5, E10, E12, E14, E27, E40

Fluorescent TubesG5(T4), G5(T5), G13(T8), G13(T12)

Architectural and Strip LightS12, S14d, S14s, S15

Halogen CapsulesG4, GY6.35, G9, R7, 

Halogen and LEDGU4, GU5.3, GU6.35, GU10

Compact Fluorescents (CFL)PLC 2pin, PLC 4pin, PLL 4pin, PLT 2pin, PLT 4pin, PLS 2pin, PLS 4pin

 

Di Indonesia, Jenis fitting lampu untuk lampu LED yang umum digunakan adalah fitting lampu jenis E27 yang memiliki diameter 27cm. Sedangkan untuk lampu Tube (TL), jenis fitting lampu yang digunakan adalah fitting lampu 2 pin.

Memahami jenis fitting lampu yang digunakan menjadi hal yang penting karena jika fitting lampu yang digunakan pada lampu tidak sama dengan jenis fitting lampu yang digunakan pada rumah lampu, maka lampu tidak akan berfungsi (menyala) dan bahkan dapat menyebabkan terjadinya short listrik.

 

Reference :

 

https://www.easy-lightbulbs.com/lighting-guides/fittings/